Thursday, April 30, 2009

Sedikit informasi tentang KKN tahun ini

H.A.L.O. teman-teman funtastix yang makin asyixx!

First of all, selamat ya jadi juara Olymphiart tahun ini. Seenggak-enggaknya beban kalian berkurang untuk menghadapi tahun keempat yang pastinya akan penuh lika-liku kehidupan. Kehidupan tahun keempat tidak akan lepas sama yang namanya KKN. Ayam mau sedikit berbagi cerita tentang KKN. KKN disini bukan Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme ataupun Kutu-Kutu Nakal ataupun Konstipasi, Koalisi, dan Neko-neko.

Jadi, dari yang informasi yang Ayam dapet (dari Bu Ipur-SBP), KKN atau Kuliah Kerja Nyata akan dilaksanakan dari bulan Oktober - Desember. KKN ini merupakan program dari Universitas, jadi fakultas sendiri kurang tahu akan ada kegiatan apa aja di KKN nanti. Pelaksanaannya sendiri pun sepertinya tidak akan berbeda dari tahun lalu. Kegiatan tersebut akan dilaksanakan di sela-sela waktu kuliah teman-teman. Adapun waktu Oktober - Desember tersebut merupakan gelombang kedua KKN. Nilai KKN untuk anak FK Unpad sendiripun masuk ke dalam nilai mata kuliah PHOP III, jadi nanti sepertinya kita sudah tidak akan ada kuliah di ruangan lecture bersama dr. Didi lagi. Hix..sedih! Untuk pembagian kelompoknya seperti apa? Kata Bu Ipur, pembagian kelompoknya baru akan diilaksanakan saat mahasiswa sudah mengumpulkan lembar formulir yang diberikan. Sudah pada dapat kan?? Ingat batas pengumpulannya 2 minggu dari kemaren, kemaren tuh tanggal 29 April 2009, 2 minggu setelahnya berarti tanggaaal…hmm..itung sendiri deh! Jangan lupa ya. Terus kalau kita gak ngumpulin formulirnya berarti gak usah ikut KKN donk?? Yes! Weits, yang gak ikut KKN berarti siap-siap aja nilai PHOP IIInya NOL!

Ngapain aja sih di KKN??

Ayam juga belum nanya-nanya lagi, tapi kalau dari cerita-ceritanya kakak kelas, kita disuruh membuat suatu program untuk suatu daerah bersama-sama dengan anak fakultas lain yang dari UNPAD juga. Namun sebelumnya kita akan diberikan pembekalan terlebih dahulu yang juga bersama anak fakultas lain. Seru ga?? Menurut Ayam, banyak keseruan KKN yang bisa kalian dapet, antara lain:

· 1. Jadi simulasi kehidupan nyata kita sebenarnya.

Kita hidup gak akan bersama mahasiswa FK ataupun dokter-dokter selamanya kan?? Dalam kehidupan nyata kita akan bekerja sama dengan banyak orang dari bidang-bidang lainnya. Kan hidup ini kudu saling melengkapi. Nah, di KKN inilah awal mula pola pikir itu terbentuk. Setelah 2 tahun kita sejahtera di FK, ini saatnya kita mencoba untuk keluar dari zona nyaman kita dengan mencoba bergaul dengan teman-teman dari fakultas lain (kita harus tunjukin kalau anak FK kagak eksklusif-eksklusif amat, malah ada yang ngampung juga..hehe). Kalau cuma dapet cum laude karena nilai-nilai MDE dan SOOCA yang bagus, belum menjamin kehidupan sosial kita akan baik juga, kalau belum dicoba.

· 2. Berbagi ilmu dengan anak fakultas lain.

Kalau dari pendapat Ayam setelah hampir 3 tahun hidup di FK dan hampir 2 tahun berada dalam dunia persilatan kemahasiswaan FK, FK tuh berada dalam zona yang paliiiiinggg enak! Perhatian buat orang-orang yang suka ngeluh tentang uang yang birokrasinya makin susah, kegiatan ini beginilah, begitulah. Asal kalian tau ya, anak fakultas lain tuh susah banget mau ngadain suatu kegiatan, terutama dalam hal minta uang ke fakultas. Makanya, mungkin mereka jadi lebih dewasa dalam kehidupan, mencari sponsor, dan mungkin lebih solid. Kita sebagai mahasiswa FK sangat dimanjakan oleh fakultas. Namun, itu juga bukan salah kita. Gak salah sama sekali punya orang tua yang baik. Ada hal-hal yang kita punya dan mereka gak punya. Kita punya sebuah hubungan yang harmonis antara mahasiswa dan dekanatnya. Mungkin hal itulah yang bisa kita ajarkan ke teman-teman fakultas lain. Banyak dari mereka yang selama ini hubungannya tidak baik dengan dekanatnya. Mungkin kurang komunikasi. Yaa, berbagilah dan motivasilah mereka ya!

· 3. Siapa tahu, ketemu jodoh!

Hehe, alasan yang SANGAT masuk akal untuk memotivasi diri berangkat KKN setiap Sabtu dan Minggu dimana itu adalah hari istirahatnya anak FK. Yaa, kalau ini sih Ayam cuma ngambil dari pepatah “kalau jodoh gak kemana”. Siapa yang udah bosen ngeliat anak FK?? Ini saatnya bagi kalian untuk “mengenal lebih dekat” anak fakultas lain. Setelah 3 tahun dididik dalam suasana yang berbeda, pastinya mereka memiliki pola pikir yang berbeda juga dengan kita. Berbeda bukan berarti jelek ya. Siapa tahu pemikiran mereka lebih maju dari kita. Kita yang tiap hari CUMA sibuk ngurusin LI dan kegiatan kemahasiswaan dalam kampus mungkin kalah pemikirannya sama anak FISIP yang membahas politik dan mungkin saja sering membicarakan tentang pemilu dan kemajuan bangsa, sama anak ekonomi yang dipikirannya “gimana caranya biar Indonesia jadi kaya??” ataupun sama orang-orang yang sering turun ke jalan (bukan jualan di PaUn ya, maksudnya demo). Seru kan?! Siapa tahu ternyata pasangan hidup kalian ditemukan dari KKN ini. HEHEHE.

Udah siap ikut KKN?? Pasti lah. Dibawa santai aja. Life is Hard, Don’t Make It Harder. Okay!^^

Comments :

2 komentar to “Sedikit informasi tentang KKN tahun ini”

Prioritas tujuan ikut KKN:
no 3
no 1
no 2

mudah2an tercapai ya Allah.....
Amin......

rainda said...
on 

bergaul dan membuka wawasan dengan fakultas lain.. btw, waktu itu aq ikut acaranya anak KKN 05. Sempet merhatiin juga akang teteh faklts lain itu, gaya-gayanya beda bo! terus ada temen aq yang di-approach sama mereka, hehehehe.. kayanya mereka yang nyari jodoh..;p

ayo tambah lagi ya info KKNnya

Intan said...
on 

Post a Comment

Boleh komen..tapi gak rusuh ya..
Jangan anonymous ya...
kalo anyonymous gak bakal di-approve comment nya..