Wednesday, May 13, 2009

Punya masalah dengan tidur? Ayam punya solusinya..hehehe




Punya masalah dengan tidur? Ayam punya solusinya..hehehe

Halo!
Siapa yang kalau kuliah suka tidur?? Hayoo, ngaku-ngaku! Jangankan kuliah, tutorial aja yang isi ruangannya cuma 10 orang aja sering bikin ngantuk. Padahal tutornya ada di situ loh. Masih mending kalau cuma ngantuk, tapi kalau udah nyampe ketiduran di tutorial, bener-bener deh, kudu banyak epaluasi. Siapa yang harus diepal??

Ya, bisa si korban yang emang tukang tidur dalam segala suasana, si tutornya yang gak ngingetin, si orang yang lagi ngejelasinnya gak seru, si kelompoknya yang gak suka diskusi, si materinya yang lagi gak asik, si ruangan yang ACnya terlalu dingin, si inilah, si itulah..Walah, makin banyak aja yang bisa disalahin yak! Tunggu..tunggu, ternyata bukan tidur di tutorial yang paling parah, kemarenan Ayam baru nemuin orang yang juga bisa tidur pas extramural.



Beuh, emang penyakit yang namanya NGANTUK itu kudu diwaspadain sama orang-orang, terutama mahasiswa kayak kita begini nih. Paling kesel lagi, kalau tiba-tiba ngantuk itu ngedatengin kita pas besok mau ujian, kalau ketiduran, serasa udah gak ada harapan (makanya, kalau belajar jangan SKS alias Sistem Kantuk Sesaat) ketiduran kan jadinya! Tau ga, rasa kantuk itu yang penting dilewatin, kalau jam-jam ngantu

k itu udah lewat, biasanya jadi cas pleng lagi. Tapi, itu dia yang susah, melewati masa-masa kantuk tersebut. Akan banyak banget godaan yang membuat kita untuk memejamkan mata, terus, terus, dan akhirnya masuk dalam dunia mimpi. Sekarang Ayam mau berbagi sedikit tips gimana caranya untuk menahan rasa kantuk.


Menahan kantuk di lecture:
1. Sibukan diri kalian dengan mencatat materi kuliah. Coba imajinasikan apa yang sedang dijelaskan oleh dosennya. Tapi, biasanya cara ini hanya bertahan 30-45 menit. Lebih dari itu biasanya suara dosennya mulai sayup-sayup menghilang, tulisan kita udah naik turun gak karuan. Dan akhirnya, kita tertidur…zzzzzz..

2. Makan permen yang mengandung kafein seperti k****o (tidak boleh menyebut merk disini).
Tapi kendalanya adalah butuh berapa banyak permen kah untuk menjaga kita stay alive?? Soalnya biasanya kalau permennya udah abis….zzzzzzzz…..lagi!

3. Siapkan minuman yang mengandung oksigen dan glukosa.
Kalau dari yang Ayam pelajarin, ngantuk itu terjadi karena kurangnya suplai nutrisi dan oksigen ke otak. Kenapa kita menguap? Karena itu salah satu bentuk respon tubuh kita untuk mengambil oksigen lebih banyak dari alam. Lagipula gak dilarang juga untuk minum di lecture kan. Tapi, kalau kita kebanyakan minum selama lecture  kembung  saraf parasimpatis kita bekerja  fokus mengurus perut  ujung-ujungnya..ngantuk lagi..hahaha (lebay)!
Gak juga lah, minuman kan penyerapannya gak butuh usaha yang banyak. Jadi daripada makan untuk menghilangkan ngantuk, minum adalah cara yang lebih efektif.

4. Belum mempan juga?? Hmm, kalau ngantuk udah menyerang, meskipun kita sudah berniat untuk memperhatikan lecture dengan baik, coba alihkan perhatian kalian sejenak dari dosen yang sedang berbicara. Perhatikanlah teman-teman kalian dan CARILAH orang-orang yang sedang mengantuk atau bahkan tertidur. Biasanya mereka akan menunjukan pose yang sangaaaat gak dikontrol.

5. Jangan senderan. Biasanya kalau kita senderan, hawa pemalasnya akan timbul. Pertama bersandar di punggung kursi, kedua, mulai melorot dari tempat duduk, lama-lama…ilang deh.. udah jatoh ke bawah kursi..zzzzzz…


6. Cari tempat yang paling TIDAK PW! Cari yang paling panas, yang tempat duduknya udah mau roboh, yang deket orang yang paling bau, yang paling gak dapet sinyal wi-fi, disamping orang yang sukanya ngomong, yang di depan dosennya (tapi ati-ati kalau ternyata tetep ketiduran juga di depan dosen). Tapi cara ini berefek samping besar seperti: tidak fokus memperhatikan kuliah sama sekali, ngedumel dalam hati, maki-maki orang lain, dsb. Tapi cukup ampuh untuk menghindari ngantuk.

7. Kalau udah pada gak mempan, satu cara yang menurut Ayam paling ampuh…TIDURRRR!! Tapi cukup beberapa menit aja..maksimal 10 menit lah, setelah itu jangan lupa suruh temen kita bangunin. Hati-hati kebablasan!

8. Semua itu tergantung niatnya. Kalau emang gak ada niatan untuk melawan hawa napsu tidur, segala hal yang dilakukan akan sia-sia…

Nah, kan bentar lagi juga mau ujian nih, biasanya kalau dalam waktu-waktu kayak gini, tidur menjadi suatu hal yang paling annoying dalam persiapan ujian. Rasanya kayak buang-buang waktu gimana gitu kalau tidur berlama-lama dalam minggu-minggu ini. Materi yang harus dihapal banyaaaak banget. Kayaknya kalau tidurnya dari jam 9 malem dan baru bangun jam 5 pagi, udah 1/3 kehidupan kita dibuang dalam sehari. Padahal dalam waktu 8 jam itu, kita masih bisa menggunakan 2 jamnya untuk belajar. Yaaa..berkorbanlah untuk mengurangi waktu tidur, toh nanti akan ada waktu 1,5 bulan untuk kita berleha-leha. Kalu kata pepatah mah, bersakit-sakit dahulu, berenang-renang kemudi

an..lho, koq renang??!



Wah, niatnya kan begadang nih, tapi di tengah-tengah koq malah zzzzzz…Apa yang salah? Sekarang Ayam juga mau berbagi tips bagaimana caranya menahan ngantuk di kala persiapan ujian.

1. NIATKAN untuk belajar. Kalau pertamanya aja udah kagak niat, susah deh!

2. Jangan lupa BERDOA. Pertama, biar gak tidur di tengah-tengah. Kedua, biar pelajaran gampang masuknya.

3. Kalau di tengah-tengah belajar udah mulai merasa ngantuk (biasanya abis baca tulisan yang font-nya cuma 8, kayak di braunwald, mata akan lebih cepat lelah dan asam laktat mulai berkumpul di otak), jangan dipaksakan. Alihkan perhatian kalian dengan hal-hal yang menyenangkan seperti main games di computer, nonton DVD, nyuci piring, nyikat kamar mandi, dll. Dijamin, gak ngantuk lagi. TAPI, efek sampingnya setelah itu, pelajaran yang udah masuk, keluar lagi! Bukan hanya itu, biasanya abis melakukan hal-hal itu, badan jadi capek, mata tambah lelah, dan pada saat mau mulai belajar…zzzzzzz…
Hahaha.

4. Sikat gigi. Ada teman yang bercerita “kalau aku mah, pas udah mulai kerasa ngantuk, langsung sikat gigi, abis itu ngantuknya ilang deh”. Ada banyak keuntungannya loh, selain gak jadi ngantuk, mulut kita jadi wangi. Tapi kalau orangnya emang suka ngantuk, waktu yang dihabiskannya untuk gosok gigi akan lebih banyak dari pada waktu belajarnya. JADI GIMANAAA DONKKK?!!

5. Tidur sejenak untuk merehatkan mata. Tapi ati-ati..ujung-ujungnya kebablasan.

6. Setel musik keras-keras. Tapi efeknya bukan pelajaran yang dihapal, malah lirik lagu yang terngiang-ngiang.


7. Stretching. Tapi jangan stretching di tempat tidur. Kalau mau gitu, sekalian aja ganti piyama dulu.

8. Hindari bantal, guling, selimut, seprai dan semua barang-barang lain yang meracuni untuk tidur. Percaya gak, bau bantal aja bisa bikin ngantuk loh (bau bantal atau bau iler??)

9. Jangan belajar sambil tiduran. Nanti tanpa sadar di buku kalian sudah tercetak pulau Sumatera.

10. Jangan belajar di tempat tidur. Kalau tetep maksa, sekalian aja baca doa “bismika allahuma ahya wa bismika amuut”. Selamat menuju pulau kapuk indah.

Kayaknya segitu dulu deh tips-tips dari Ayam. Semua tips disini ditulis berdasarkan pengalaman hidup Ayam dan orang lain. Tapi sejujurnya tips-tips ini masih kagak ampuh di Ayam. Hahaha..Hawa napsu untuk tidur Ayam kayaknya lebih besar daripada orang-orang lain deh. Ayam kan kebooo. Intinya adalah Niatkan untuk belajar!!

*buat teman-teman yang mempunyai tips-tips lain berdasarkan pengalaman hidup pribadi atau orang lain, tulis aja di komennya ya..^^


Comments :

7 komentar to “Punya masalah dengan tidur? Ayam punya solusinya..hehehe”

Mo ikut sumbang saran. Tidur 2 fase.
jam 9-11 mlm. bangun. sambung tidur lagi jam 2.30-4.30.
awalnya kerasa pusing. tapi kalo udah biasa, nggak koq.
(mengacaukan siklus tidur)

tukangmacul said...
on 

Gile tukang macul keren...
Kalo gw mah pasti ga bangun2 ampe bsk pagi heheheh...

cid said...
on 

ga apa2 tau yam, kan bagus, memanfaatkan waktu....
daripada bengong pas kuliah atw tutorial ga ada yg masuk ke otak, kan lebih efektif klo kita tidur aja.... efisien.... Wahahaha......

*BTW itu foto mastengnya keren.... wakakaka......

kambingguling said...
on 

nyumbang saran juga.
Nyalain komputer, buka internet, surfing2, fesbukan, main game.... dijamin ngantuk anda akan hilang.... tapi sadar2, What!!! udah 3 jam lewat?!?!?!

kambingguling said...
on 

ayaamm!
klo tidur g nyenyak pas mw ujian, pny solusiny g?
hehehe,,

icha-marissa said...
on 

@ icha..koq bisa sih cha..gak tidur nyenyak??gw sih tukang tidur..jadi nyenyak2 aja sih..hehe
Tapi iya emang kalau udah H-2, mulai banyak mimpi2 buruk yang menghantui..ada solusinya..jangan lupa baca doa tidur..hehehe

ayam bakar olymphiart dan cabe keriting said...
on 

haha.. jangan sampe ketiduran .. yang penting tidur efektif.. kalo tidurnya efektif 4 jam kata orang cukup..

aditoz-fundee said...
on 

Post a Comment

Boleh komen..tapi gak rusuh ya..
Jangan anonymous ya...
kalo anyonymous gak bakal di-approve comment nya..